Liverpool Comeback, Mourinho: Itu Berkat Klopp!

Jurgen Klopp

HokieQQLiverpool berhasil membalikkan keadaan saat menjamu Barcelona dalam ajang Liga Champions. Jose Mourinho mengatakan bahwa Jurgen Klopp adalah orang di balik kesuksesan The Reds melakukan comeback.

Liverpool dalam kondisi tertinggal saat menjamu Barcelona pada semifinal leg kedua Liga Champions, Rabu (8/5/2019) dini hari WIB. Mereka kalah dengan skor 3-0 di Camp Nou pada leg pertama.

Namun, Liverpool mampu membuat keajaiban pada pertemuan kedua di Anfield. Mereka mengalahkan Barcelona dengan skor telak 4-0.

Dua gol dari masing-masing Divock Origi dan Georginio Wijnaldum membuat Barcelona harus pulang dengan tangan hampa. Liverpool pun berhasil melaju ke final dengan keunggulan agregat 4-3.

Berkat Klopp

Mourinho mengatakan bahwa kemenangan ajaib Liverpool di Liga Champions adalah berkat manajer Jurgen Klopp. Menurutnya, manajer asal Jerman itu sangat pantas mendapatkan pujian.

“Saya harus mengatakan, remontada ini (comeback) memiliki satu nama, Jurgen. Saya pikir ini bukan tentang taktik atau filosofi tetapi hati dan jiwa dan empati yang ia ciptakan dengan kelompok pemain ini, ”kata Mourinho kepada beIN Sports.

“Mereka memiliki risiko menyelesaikan musim yang fantastis tanpa merayakan apa pun dan sekarang mereka selangkah lagi untuk menjadi juara Eropa. Saya pikir Jurgen layak mendapatkannya.

“Pekerjaan yang mereka lakukan di Liverpool sangat fantastis. Saya pikir ini tentang dia. Ini adalah refleksi dari kepribadiannya, tidak pernah menyerah, semangat juang, setiap pemain memberikan segalanya.”

Tidak Mengeluh

Mantan bos Manchester United itu juga memuji tekad Klopp untuk melangkah ke final. Klopp tidak mengeluh meski kehilangan beberapa pemainnya karena cedera.

“Dia tidak menangis karena dia kehilangan pemain atau bermain 50-60 pertandingan per musim. Pelatih di liga lain mengatakan bahwa pemain mereka bermain terlalu banyak. Segala sesuatu tentang hari ini adalah karena mentalitas Jurgen.

“Saya ulangi, Jurgen adalah orang yang bertanggung jawab atas pencapaian ini dari kepribadiannya yang fantastis, mentalitasnya yang fantastis. Tim ada di sana dan tim percaya.”