Jordi Alba, Bek Sayap yang Jago Bikin Assist

Jordi Alba

HokieQQ – Barcelona kembali menyuguhkan comeback fantastis ketika melumat Sevilla dengan skor telak 6-1 pada leg kedua perempat final Copa del Rey 2018/19, Kamis (31/1) dini hari WIB lalu. Hasil itu membuat Barca berlenggang ke semifinal dengan agregat 6-3.

Pada pertandingan tersebut, Lionel Messi memang mencuri perhatian penuh lewat gol fantastis di pengujung laga. Philippe Coutinho juga kembali berhasil memanfaatkan panggungnya dengan mencetak dua gol. Permainan Barca mengalir sebaik biasanya.

Kendati demikian, ada satu pemain yang perannya kurang diperhatikan, Jordi Alba. Dikutip dari Marca, bek kiri Barcelona ini ternyata berperan sangat penting dalam setiap pergerakan dan gol-gol Barca, Alba terbukti sebagai bek yang paling rajin menyumbangkan assist.

Peran Alba

Jangan salah menilai posisi Alba, meski bermain sebagai bek kiri, dia merupakan salah satu pemain Barca yang memiliki mobilitas tinggi. Alba memiliki kemampuan ofensif yang sangat baik, dia sering menjalin koneksi dengan Lionel Messi yang selalu membingungkan barisan bek lawan.

Barca racikan Ernesto Valverde ini dinilai memiliki kekurangan dalam pergerakan pemain yang kurang terpadu saat menyerang, berbeda dengan era Pep Guardiola dan Frak Rijkaard. Namun, faktor Jordi Alba bisa menutupi kekurangan itu. Pergerakan Alba di sisi kiri bisa menutupi kelemahan Barca.

Pada laga melawan Sevilla tersebut, dari enam gol Barca, Alba berkontribusi dengan dua assists. Alhasil, Alba sudah mengoleksi 12 assists sepanjang musim ini, dengan total 50 assists selama membela Barca.

Kontrak Baru

Untuk membuat perbandingan, catatan 50 assists Alba tersebut lebih dari separuh torehan Dani Alves dengan 99 assists selama membela Barca. Uniknya, Alves mencatatkan torehan tersebut dengan jumlah laga yang 115 lebih banyak dari Alba, yang berarti Alba masih berpeluang menyamai atau menyalip Alves.

Di sisi lain, hingga kini Alba masih belum menandatangani kontrak baru. Dia terikat kontrak sampai Juni 2020, tapi negosiasi perpanjangan kontrak baru ini masih berjalan sulit.

Agaknya, tak lama lagi Barca akan segera menawarkan kontrak yang membuat Alba mau menandatanganinya. Alba terlalu berharga untuk dilepas begitu saja, terutama karena dia merupakan salah satu rekan favorit Leo Messi.