AC Milan dan Inter Milan Sepakat Bangun Stadion Baru, Ini Dua Calon Desainnya

 

Hokieqq – Dua raksasa Serie A, AC Milan dan Inter Milan akhirnya mengumumkan rencana mereka membangun stadion baru menggantikan kandang sebelumnya, Giuseppe Meazza.

Dalam pengumumannya, Milan dan Inter mengungkapkan bahwa lokasi stadion nanti rencananya tepat berada di samping Giuseppe Meazza. Artinya stadion ini masih berada di kawasan San Siro.

Rencananya, stadion baru Milan dan Inter nantinya bakal memiliki kapasitas kurang lebih 60 ribu tempat duduk serta menghabiskan dana sekitar 1,2 miliar euro. Proyek ini direncanakan akan rampung dalam tiga tahun.

Alasan Milan dan Inter

Presiden Milan, Paolo Scaroni dan CEO Inter, Alessandro Antonello menjelaskan alasan mengapa mereka memilih untuk membangun stadion baru ketimbang merenovasi Giuseppe Meazza.

“Stadion Giuseppe Meazza untuk saat ini sudah tak lagi cocok bagi dua klub besar dengan ambisi menjadi pemain utama di kancah Eropa. Itulah faktanya dan dibandingkan dengan stadion lain di Eropa, mereka masalah yang berbeda secara keseluruhan,” ujar Scaroni.

“Kami mencintai Meazza, tapi itu ada masanya. Peluang untuk membantu mengubah kawasan kota ini harus disambut hangat, karena kecuali pada hari pertandingan, [stadion] ini hanyalah ruang kosong tanpa apa pun di dalamnya,” tambahnya.

Pilih Dua Kandidat Desain

Pemerintah lokal Milan belum memberi izin terhadap rencana dua klub kota tersebut. Namun Rossoneri dan Nerazzurri sudah bergerak cepat dan bahkan sudah memilih dua calon desain kandang anyar mereka.

Dua desain terpilih datang dari Populous dan Manica, masing-masing bernama Katedral dan Cincin MIlan.

“Kami ingin agar arsitek menunjukkan sesuatu yang berhubungan dengan tradisi dan kota Milan, dengan kata lain adalah sebuah stadion yang mampu menarik minat turis dan penggemar dari seluruh dunia yang hanya bisa menyaksikan arena ini di Milan,” tutur Antonello.

“Pembagian proyek ini dengan fans dan masyarakat dimulai hari ini, karena kami ingin menjalani petualangan ini bersama-sama, mengumpulkan semua pendapat dan mempelajarinya,” tukasnya.

Sumber: AC MIlan, FC Internazionale Milano